Cara Menyimpan Kontak Darurat di Ponsel

Cara Menyimpan Kontak Darurat di Ponsel

Menambahkan kontak darurat ke ponsel kalian bisa memudahkan personil darurat untuk menemukan keluarga atau teman yang bisa dihubungi saat kalian tak sadarkan diri atau tak bisa berkomunikasi.

Kontak darurat ini merupakan buah pemikiran anggota paramedic Inggris, Bob Brotchie yang menyadari pentingnya kecepatan saat personil darurat memerlukan informasi tentang pasien, atau menghubungi pewaris pasien.

Cara Menambahkan Kontak Darurat di Ponsel

Menambahkan kontak darurat dapat menyelamatkan hidup kalian, terutama apabila kalian memiliki kondisi medis atau alergi tertentu.

1.Ketahui Siapa Orang Yang Bisa Menjadi Kontak Darurat

Pilihlah orang yang mengetahui seluruh alergi atau kondisi medis kalian, dan dapat menghubungi keluarga kalian.

Beri tahu orang yang kalian jadikan kontak darurat akan hal ini, dan pastikan mereka mengetahui informasi yang perlu diberitahukan di saat darurat.

2.Tambahkan Kontak Darurat ke Buku Telepon

Bukalah fitur buku telepon atau kontak di ponsel kalian, lalu buatlah kontak dengan nama “Kontak Darurat” atau “ICE” stelah itu, tambahkan informasi kontak orang yang kalian pilih sebagai kontak darurat.

Tambahkan juga informasi tambahan tentang kontak tersebut, seperti nama dan hubungannya dengan kalian, pada kolom catatan atau kolom tak terpakai lainnya.

Beberapa orang menambahkan tanda strip atau spasi setelah “Kontak Darurat” / “ICE”, lalu menambahkan nama deoan si kontak.

Misalnya, “Kontak Darurat – Budi” atau “Kontak Darurat – Mama”. Sehingga personil darurat mengetahui nama orang yang mereka hubungi.

3.Tambahkan Kontak Darurat Lain ke Ponsel Anda

Tambahkan kontak darurat lain ke ponsel kalian. Hal ini berguna untuk berjaga-Jaga jika kontak pertama tidak bisa dihubungi

Kalian bisa mengatur prioritas kontak dengan memberi nama seperti “Kontak Darurat 1”, “Kontak Darurat 2”, dan seterusnya.

4.Tambahkan Kontak Darurat Pada Ponsel yang Terkunci

Jika ponsel kalian terlindungi kata sandi dan kalian tidak sadarkan diri, kontak darurat di buku telepon kalian takkan berguna.

Untungnya, kini banyak tersedia untuk Android, Windows Phone, dan iPhone untuk menambahkan informasi kontak darurat ke layar kunci ponsel.

Temukan ICE atau ICE Lock screen di pasar aplikasi pada ponsel kalian untuk menemukan aplikasi yang cocok dengan ponsel.

Pasang aplikasi, lalu masukkan informasi yang sesuai. Setelah itu, personil darurat dapat mengambil ponsel dan mengakses informasi kontak darurat meskipun ia tak mengetahui kata sandi ponsel kalian.

5.Tambahkan Stiker Kontak Darurat ke Bagian Belakang Ponsel, Helm, atau Laptop

Gunakan stiker kontak darurat dengan kolom untuk nama dan nomor telepon, yang bisa kalian dapatkan di kantor dokter, apotek, atau dibeli secara daring.

Pastikan kalian mengisi kontak pada stiker dengan jelas. Untuk mengisi stiker tersebut, sebaiknya gunakan tinta tahan air. Jangan lupa juga untuk selalu memperbaharui informasi pada stiker jika diperlukan.

6.Buat Label Kontak Darurat Sendiri

Buatlah label kontak darurat sendiri untuk Ponsel dengan Kkertas label komputer atau kertas  stiker yang bisa dibeli di toko ATK.

Untuk membuat label ini, kalian juga bisa menggunakan selotip tahan air dan spidol permanen. Dengan membuat label sendiri, kalian bisa menambahkan informasi yang diperlukan sebanyak mungkin, misalnya tentang alergi dan pengobatan.

Saat teks pada label mulai tak terbaca, jangan lupa  untuk mengganti dan memperbaharui label tersebut.

Itulah 6 cara untuk menambahkan kontak darurat ke ponsel kalian. Hal ini akan snagat berguna demi keselamatan kalian.

Author Image
Howas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *